Show simple item record

dc.contributor.authorRafiantika Megahnia Prihandini
dc.date.accessioned2013-12-24T04:19:49Z
dc.date.available2013-12-24T04:19:49Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM110210181003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12237
dc.description.abstractPenerapan Quantum teaching dengan teknik puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan matriks kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Jember berjalan dengan baik dan lancar. Siswa sangat senang dan sangat antusias dalam pembelajaran ini. Pembelajaran ini diawali dengan tahap tumbuhkan yaitu memancing siswa untuk belajar materi matriks serta guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tahap alami yaitu menceritakan beberapa kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan materi matriks. Tahap namai yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari. Tahap demonstrasi yaitu membacakan petunjuk untuk menyelesaikan soal-soal pada lembar kerja siswa. Tahap ulangi yaitu mengulangi materi yang telah disampaikan dengan memberikan pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan, dan tahap rayakan yaitu memberikan pujian, tepuk tangan, memberi kesempatan pada siswa yang memiliki nilai terbaik untuk membuka kotak doorprize yang ada di depan kelas yang sudah berisi hadiah Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dianalisis apakah mengalamai peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hal yang sama juga dilakukan untuk aktifitas guru dan aktifitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, pada siklus I persentase nilai tes akhir siswa yang tuntas secara klasikal sebesar sebesar 45,95% sedangkan ulangan harian sebesar 75%. Pada siklus II persentase nilai tes akhir siswa yang tuntas secara klasikal sebesar sebesar 58,33% sedangkan ulangan harian sebesar 83,33%. Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada masing-masing siklus. Data hasil observasi dibedakan menurut aktifitas guru dan siswa. Untuk aktifitas guru, pada siklus I rata-rata mencapai 83,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,89%. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran rata-rata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 70,27%, dan siklus II mencapai 83,55%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210181003;
dc.subjectQuantum Teaching, Teknik Crosswords Puzzle, Matriksen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK CROSSWORDS PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN MATRIKS KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record