Show simple item record

dc.contributor.authorERISTANTI, Cindy
dc.date.accessioned2024-07-16T01:13:12Z
dc.date.available2024-07-16T01:13:12Z
dc.date.issued2023-06-20
dc.identifier.nim190210201022en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122307
dc.description.abstractMenjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah, oleh karena itu orang tua perlu memahami tentang pola perawatan anak sebagai bekal ketika anak hadir dalam keluarga. Model pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kepada anak-anak dengan kebutuhan khusus Berbeda dengan anak-anak normal dengan orang tua normal. Dalam mendidik dan Menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan kesabaran dan pengetahuan khusus untuk Mampu membimbing anak dengan baik. Banyak kasus tingkat stres yang tinggi, depresi yang berasal dari orang tua anak-anak dengan kebutuhan khusus. Orangtua ingin menekankan semua keinginan mereka di luar kemampuan anak-anak mereka. Berdasarkan definisi tersebut, formula Salah satu masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Parenting Self-Efficacy pada Orangtua dari usia dini. kebutuhan khusus anak. Berdasarkan formulasi masalah, tujuan dari Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Parenting Self Efficacy pada orang tua anak usia dini berkebutuhan khusus di sekolah Islam cahaya nurani sumbersari kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data adalah yang diperoleh dari beberapa informant, yaitu orang tua sebagai informan utama dan kepala sekolah sebagai pendukung informasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik: wawancara dan dokumentasi. Untuk akurasi data teknik pengujian, perpanjangan pengamatan, peningkatan konsistensi, dan Triangulasi yang digunakan. Selain teknik analisis data melalui data reduksi, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tingkat self efficacy yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perawatan orang tua untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus dilihat dari tiga Dimensi: level, generalitas dan streght. Saran yang dapat diberikan adalah untuk kepala sekolah untuk lebih memperhatikan kebutuhan orang tua dengan anak psikolog di sekolah dengan membuat jadwal rutin tanpa orang tua harus Tanyakan dulu waktu. Orang tua disarankan untuk lebih mengenal dan memahami potensi, kelebihan, bakat, dan minat anak-anak sehingga orang tua dapat lebih Mudah untuk meningkatkan perkembangan anak. Kata Kunci: Parenting, Anak usia dini, Berkebutuhan khususen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan ilmu pedidikanen_US
dc.subjectParentingen_US
dc.subjectSelf Efficacyen_US
dc.subjectOrang Tuaen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectBerkebutuhan Khususen_US
dc.titleParenting Self Efficacy pada Orang Tua Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus (Studi pada Sekolah Islam Cahaya Nurani Sumbersari Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Fuad Hasan, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Frimha Purnamawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record