• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelaksanaan Prinsip Good Corporate Governance dalam Pelayanan Publik di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Dimas.pdf (2.324Mb)
    Date
    2023-07-18
    Author
    DIMAS, Rifqi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan konsep GCG yang menekankan pada bentuk pengelolaan perusahaan yang efektif dan efisien oleh Perumdam Tirta Pandalungan Jember Kantor Cabang Mangli belum terpenuhi dikarenakan terbatasnya kemampuan perusahaan sehingga perlu menjadi perhatian untuk melihat bagaimana pelaksanaan prinsip GCG yang dilakukan oleh perusahaan yang menyebabkan pengelolaan perusahaan belum efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan prinsip Good Corporate Governance dalam pelayanan publik di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik memilih informan yaitu Purposive dan Snowball Sampling serta untuk teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan ketekunan pengamatan. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini yakni, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pandalungan Jember secara aturan belum memiliki peraturan tentang perlindungan kepentingan minoritas dikarenakan Bupati selaku Kepala Daerah Pemilik Modal berkuasa penuh atas saham perusahaan, pengukuran kinerja yang dalam hal ini DP3 tidak berdasarkan pemanfaatan teknologi, ukuran kinerja untuk semua jajaran masih berpatokan pada nilai-nilai moralitas sehingga tidak relevan terhadap sasaran usaha perusahaan, Kantor Cabang Mangli telah menunaikan tanggung-jawab sosialnya ke masyarakat dan lingkungan melalui program-program bantuan sosial dan penghijauan, dan benturan kepentingan serta adanya lempar tanggung-jawab antar karyawan bergeser atau mengarah pada membantu antar satu dengan yang lainnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122284
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository