Pengaruh Atraksi Wisata dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Mojosemi Forest Park Magetan
Abstract
Industri pariwisata Indonesia sangat erat kaitannya dengan berbagai sektor yang ada di dalamnya, yaitu wisata budaya, wisata kuliner, perhotelan, destinasi wisata hingga wisata spiritual. Keputusan seseorang untuk menentukan destinasi wisata memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya. Atraksi wisata tidak akan lepas dari komponen-komponen yang ada dalam pengembangan pariwisata yang sampai saat ini merupakan penataan komponen dalam industri pariwisata. Perubahan gaya hidup manusia membuat para pengusaha di bidang pariwisata dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan promosi. Perkembangan internet memudahkan para pengusaha untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Belum banyak penelitian yang menggabungkan variabel atraksi wisata, social media marketing dan keputusan berkunjung, sehingga membuat peneliti tertarik untuk menggunakan variabel tersebut dalam penelitian. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel daya tarik wisata (X1), pemasaran media sosial (X2) dan keputusan berkunjung (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik non-probabilitas. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik accidental sampling. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tempat wisata dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung