Pengaruh Instagram Promotion, Celebrity Endorse Nanda, dan Perceived Quality Product pada Toko Kaos Cititex terhadap Minat Beli Masyarakat Kota Jember
Abstract
Salah satu untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas bisnis ialah perusahaan harus menyusun suatu strategi untuk perusahaanya. Strategi yang dilakukan biasanya pembisnis akan memasarkan usahanya baik secara online maupun offline. Fenomena penyebaran informasi oleh perusahaan banyak dilakukan pada media sosial khusunya pada media sosial Instagram. Hal yang sama dilakukan oleh Cititex yang telah hadir di Kota Jember sejak tahun 2021. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis variabel secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat Kota Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Responden yang di teliti merupakan konsumen Cititex Jember yang aktif menggunakan media sosial Instagram dengan teknik sampling adalah non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 165 responden yang diperoleh dengan cara menyebarkan angket/kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Hasil uji diketahui menggunakan alat penelitian analisis regresi linier berganda. Hasil Analisis pada penelitian ini adalah: (1) Variabel Promotion menunjukkan hasil penelitian yang terbukti signifikan positif terhadap minat beli masyarakat Jember; (2) Variabel Celebrity Endorse menunjukkan hasil penelitian yang terbukti tidak signifikan positif terhadap minat beli masyarakat Jember; (3) Variabel Perceived Quality menunjukkan hasil penelitian yang terbukti tidak signifikan positif terhadap minat beli masyarakat Jember. Cititex diharapkan mempertahankan instagram Promotion untuk meningkatkan penjualannya. Mencari celebrity endorse yang sesuai dengan kriteria agar menarik perhatian audiens untuk berminat pada produk citiitex. penting bagi cititex untuk memproduksi kaos yang sesuai dengan kondisi lingkungan diwilayah Jember.