Pengaruh E-lkpd Bermuatan Etnoekologi Nelayan Lamongan pada Materi Ekologi terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA
Abstract
Data yang diperoleh dari hasil wawancara bersama guru di SMAN 1 Sekaran menunjukkan bahwa minat belajar dari kelima kelas MIPA masih tergolong rendah dan rata-rata nilai hasil belajar kognitif peserta didik juga rendah yaitu sebesar 69,6. Minat belajar peserta didik yang rendah pada proses pembelajaran biologi menyebabkan indikasi peserta didik kurang memperhatikan, cenderung ramai sendiri, serta kurang aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga proses pembelajaran berjalan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-LKPD bermuatan etnoekologi nelayan Lamongan pada materi ekologi terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA. Jenis penelitian quasi experimental dengan menggunakan pre-test post-test control group design. Desain pembelajaran dengan membentuk kelas menjadi kelompok kecil yang mendiskusikan dan mengerjakan e-LKPD bermuatan etnoekologi nelayan Lamongan. Pengumpulan data diperoleh dari pelaksanaan validasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data analisis diuji menggunakan uji ANACOVA untuk hasil belajar ranah kognitif siswa dan uji independent sample t-test untuk minat belajar siswa. Hasil uji ANAKOVA nilai hasil belajar kognitif signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 atau <0,05, menunjukan bahwa hasil belajar kognitif secara signifikan dipengaruhi oleh e-LKPD yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian analisis minat belajar menggunakan t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga e-LKPD bermuatan etnoekologi nelayan Lamongan berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa.