Pengaruh Media Pembelajaran Lift the flap book Berbasis Kearifan Lokal Bondowoso terhadap Dimensi Berkebhinnekaan Global Siswa Kelas IV di SDN 01 Tamanan
Abstract
Berkebhinnekaan global memiliki beberapa elemen; mengenal dan menghargai budaya, interaksi antar budaya, tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinnekaan dan berkeadilan sosial, menguatkan dimensi tersebut perlulah peranan media pembelajaran berbasis kearifan lokal agar dapat dicapai dengan baik. Lift the flap book adalah media pembelajaran berisi teks dan gambar yang dapat dibuka dan ditutup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran lift the flap book berbasis kearifan lokal Bondowoso terhadap dimensi berkebhinnekaan global siswa kelas IV di SDN 01 Tamanan Bondowoso. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental (nonequivalent control group desain). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan kormogolov Smirnov dan levene test. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan rumus independent sample t-test berbantuan SPSS 25 dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji hipotesis diketahui sig. (2-tailed) sebesar 1,741 > 1,671, didukung dengan hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 90 dan kelas kontrol sebesar 84. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran lift the flap book berbasis kearifan lokal Bondowoso terhadap dimensi berkebhinnekaan global siswa kelas IV di SDN 01 Tamanan Bondowoso. Pengaruh yang diberikan siswa dapat mengenal dan mempelajari kebudayaan lokal (lingkungan sekitar) dan munculnya sikap adil, tanggung jawab dan toleransi terhadap keberagaman budaya.
Kata Kunci: Lift the flap book, Berkebhinnekaan Global, Kearifan Lokal.