dc.contributor.author | NUR FAIZAH, Diah Fitri | |
dc.date.accessioned | 2024-07-15T04:00:47Z | |
dc.date.available | 2024-07-15T04:00:47Z | |
dc.date.issued | 2023-07-25 | |
dc.identifier.nim | 180210402056 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122239 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan tentang (1) proses pembelajaran teks eksposisi melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran untuk meningkatkan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Yosowilangun.; (2) peningkatan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Yosowilangun melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode penelitian deskriptif, yakni mendeskripsikan suatu peristiwa dan perubahan yang terjadi dari sebelum dilakukannya penerapan metode pembelajaran hingga hasil akhir penerapan. Data dalam penelitian ini berupa: (1) data hasil observasi, dan (2) data hasil tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu: (1) redukasi data, (2) penyajian data, (3) menarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini berupa hasil tes pemahaman materi teks eksposisi yang diberikan pada siswa pada akhir siklus dan hasil observasi dalam proses penerapan pembelajaran dengan model pembelajarann berbasis masalah dengan teknik peta pikiran. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui hasil tindakan pada setiap siklus. Pada prasiklus ketuntasan siswa hanya mencapai 67%, kemudian setelah dilakukan perbaikan siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 80,56%. Selanjutnya, terjadi peningkatan skor rata-rata pemahaman teks eksposisi pada siklus II menjadi 86,11%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan 6,11% dari tahap siklus I sampai siklus II, lalu dibanding tindakan prasiklus yang memperoleh persentase 67%, telah meningkat sejumlah 19,11% usai siklus kedua. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik peta pikiran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi teks eksposisi. Penelitian ini dapat digunakan sebagai contoh pembelajaran teks eksposisi di kelas X SMA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | peningkatan | en_US |
dc.subject | pemahaman | en_US |
dc.subject | problem based learning | en_US |
dc.subject | mind mapping | en_US |
dc.title | Peningkatan Pemahaman Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Teknik PETA Pikiran pada Siswa Kelas X IPs 3 Sman 1 Yosowilangun | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arju Mutiah, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bambang Edi Poernomo, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |