Analisis Minat dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri di Wilayah Kota Kabupaten Jember pada Pelajaran Fisika
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menganalisis minat dan motivasi siswa dalam belajar fisika. Minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sedangkan motivasi belajar merupakan suatu kondisi yang ada pada diri individu dimana terdapat dorongan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Jember, SMAN 3 Jember dan SMAN 4 Jember dengan menyebarkan angket minat dan motivasi belajar kepada 90 siswa kelas X MIPA sebagai sampel. Rata-rata hasil persentase keseluruhan indikator minat belajar siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 78%. Minat siswa terhadap pelajaran fisika cukup baik, namun perlu diberikan latihan dan contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari dari materi yang dibahas agar minatnya meningkat. Hasil penilaian motivasi belajar siswa berkategori baik dengan persentase sebesar 76%. Siswa cenderung aktif jika materi disajikan dengan menarik dan diterapkan sesuai contoh dalam kehidupan sehari-hari yang biasa mereka lakukan atau belum mereka lakukan, maka mereka akan lebih bersemangat dan hasil belajarnya akan meningkat.