Pengaruh Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Produk COSRX di E-commerce Sociolla
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa produk COSRX menjadi salah dua produk dengan penjualan terlaris di e-commerce Sociolla, meskipun banyak produk sejenis yang memiliki manfaat sama. Keputusan pembelian konsumen menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang terlibat, salah satunya faktor pribadi yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan mengenai pengaruh faktor pribadi yang terdiri dari usia, pekerjaan, gaya hidup, dan konsep diri terhadap keputusan pembelian produk COSRX di e-commerce Sociolla baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk COSRX di e-commerce Sociolla. Secara parsial variabel usia, gaya hidup, serta konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel pekerjaan tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.