dc.contributor.author | ANGGRAENI, Nanda Putri | |
dc.date.accessioned | 2024-07-15T03:08:30Z | |
dc.date.available | 2024-07-15T03:08:30Z | |
dc.date.issued | 2024-06-10 | |
dc.identifier.nim | 200210101119 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122217 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang mendorong
penalaran seseorang dalam menganalisis suatu permasalahan sehingga seseorang
dapat menarik kesimpulan dan mengambil keputusan ketika memecahkan masalah
yang diinginkan. Peringkat hasil PISA Indonesia tahun 2022 yaitu 70 dari 81 negara
dengan skor matematika sebesar 366 yang menunjukan kemampuan berpikir kritis
siswa indonesia dalam matematika masih belum berkembang dan tergolong rendah.
AKM merupakan penilaian kompetensi dasar dengan tujuan membiasakan siswa
berpikir kritis yang bersifat konteks. Soal AKM mengutamakan kemampuan literasi
membaca dan numerasi siswa dibidang konten, proses kognitif, dan konteks. Soal
tes yang digunakan terdiri dari 3 soal uraian berupa konten aljabar materi aritmetika
sosial pada jenjang SMP dengan konteks personal melalui proses penalaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekaan kualitatif
yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP
Negeri 1 Gajah dalam menyelesaikan soal numerasi materi aritmetika sosial. Subjek
penelitian ini yaitu 25 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Gajah yang dikategorikasn
berdasarkan indikator kriteria berpikir kritis FRISCO yang terpenuhi. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu soal numerasi dan pedoman wawancara.
Soal tes numerasi diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII-E untuk
kemudian dilakukan pengkategorian kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan
kriteria kemampuan berpikir kritis yang terpenuhi. Selanjutnya dipilih 3 subjek
penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dengan masing-masing satu
siswa pada tiap kategorinya untuk dilakukan wawancara. Setelah data diperoleh,
selanjutnya dilakukan analisis data hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan
berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Gajah dalam menyelesaikan soal numerasi
materi aritmetika sosial rendah. Hal ini berdasarkan hasil penelitian, dimana
terdapat 17 siswa dari 25 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah
dengan memenuhi hanya satu indikator yaitu focus dan terdapat 5 siswa yang
memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dengan memenuhi empat indikator
kemampuan berpikir kritis yaitu focus, reason, inference dan situation serta 3 siswa
lainnya memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan memenuhi semua
indikator kemampuan berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity
dan overview. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Soal Numerasi | en_US |
dc.subject | Aritmetika Sosial | en_US |
dc.subject | Hasil PISA Indonesia | en_US |
dc.title | Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Gajah dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Materi Aritmetika Sosial | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 Juli 2024 | en_US |