Show simple item record

dc.contributor.authorSUPRAPTO, Mahadita Nugrahani
dc.date.accessioned2024-07-15T02:58:55Z
dc.date.available2024-07-15T02:58:55Z
dc.date.issued2024-06-10
dc.identifier.nim200210104044en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122210
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian menjelaskan keterampilan kognitif mengenai literasi lingkungan siswa SMP Charen Wittaya Nusorn. Urgensi penelitian ini adalah perubahan iklim sesuai dengan Sustainable Goals (SDGs) tahun 2030. Perubahan Climate Attitude mempunyai indikator implementasi dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis kesadaran lingkungan Thailand di sektor pendidikan. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran IPA siswa SMP di Sekolah Charen Wittaya Nusorn terhadap literasi lingkungan yang berkaitan dengan sistem pernafasan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif naratif untuk menjelaskan sumber data dan triangulasi metode data untuk menarik kesimpulan. Fokus penelitian tentang keterampilan literasi kognitif lingkungan dan daya dukungnya terhadap literasi lingkungan mengenai sistem pernafasan manusia. Kegunaan sumber data penelitian dalam beberapa bentuk seperti wawancara dengan partisipan siswa, guru biologi, dan manajer sekolah; tes diagnostik kelas peserta kemampuan kognitif; dokumentasi bahan ajar buku guru biologi, buku biologi siswa peserta, buku guru IPA Mathayomsuksa 2 (versi bahasa Inggris) dan buku kerja IPA Mathayomsuksa 2 (versi bahasa Inggris); dokumentasi pembelajaran seperti rencana pengelolaan pembelajaran guru biologi dan video materi pembelajaran sistem pernafasan manusia di kelas peserta; Dan dokumentasi sekolah seperti peraturan sekolah dan observasi program kegiatan sekolah. Hasil Penelitian dan Kesimpulan Berdasarkan Masalah Rumusan menunjukkan bahwa tes diagnostik keterampilan literasi kognitif Charen siswa SMP Wittaya Nusorn di lingkungan sekitar menggunakan MSEL (Tes Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Menengah) diperoleh rata-rata 72,63% kriteria baik. literasi lingkungan adalah menganalisis Aspek kemampuan adalah 1) Buku biologi siswa peserta, 2) Buku guru Biologi, 3) Buku IPA Mathayomsuksa 2, 4) Guru biologi fokus pada metode mengajar siswa sesuai dengan Rencana Pengelolaan Pembelajaran, dan 5) Program dan Peraturan sekolah mendukung lingkungan.en_US
dc.description.sponsorship1. Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd 2. Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Kognitif Literasi Lingkunganen_US
dc.subjectSistem Respirasi Manusiaen_US
dc.subjectCharen Wittaya Nusorn School Thailanden_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Kognitif Literasi Lingkungan Sistem Respirasi Manusia Siswa SMP Charen Wittaya Nusorn School Thailanden_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juni_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record