Pengaruh Permainan Plastisin terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita 01 Munder Kabupaten Lumajang
Abstract
Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu kemampuan anak dalam mengidentifikasi huruf dan perlu dikembangkan untuk membekali anak pada jenjang pendidikan selanjutnya. Kemampuan mengenal huruf yang relatif rendah ditemukan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 01 Munder, hal ini dapat terlihat dari kebiasaan anak-anak disekolah yang belum pandai mengenal huruf dan dalam menuliskan huruf dari namanya sendiri masih terbalik-balik dalam menuliskan namanya, maka diperlukan penerapan permainan plastisin yang dapat mestimulasi kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan plastisin terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 01 Munder Kabupaten Lumajang. Peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan pola One Group Pretest-Posttest Design untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari suatu perlakuan. Penelitian dilakukan disalah satu lembaga TK dilumajang dengan kriteria anak usia 5-6 tahun dan sampel penelitian sebanyak 12 anak. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon SPSS versi 23.0 diketahui bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 01 Munder, Lumajang sebelum diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 10,17 + 1,697. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 13,67 + 1,969. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan berupa permainan plastisin.