dc.description.abstract | Penerapan teknologi telah menjadi bagian penting dalam dunia
pendidikan. Penerapan teknologi dalam pendidikan dilakukan dalam proses
pembelajaran dapat berupa media pembelajaran. Media pembelajaran diperlukan
dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami
pembelajaran. Penerapan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi
sayangnya belum diterapkan secara maksimal dalam dalam pembelajaran
termasuk pelajaran sejarah. Penerapan teknologi berupa media pembelajaran dapat
membantu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Salah
satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dapat
menggunakan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps
creator sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh
media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah ?; (2) Apakah terdapat
pengaruh media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah ?. Tujuan dari
penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mobile
learning berbantuan smart apps creator terhadap motivasi belajar dan hasil
belajar didik pada mata pelajaran sejarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan
model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari
72 peserta didik pada kelas X2 dan X3 di SMA Negeri 4 Jember. Metode penelitian menggunakan observasi, penyebaran angket atau kuesioner,
dokumentasi dan tes. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan uji
ANACOVA berbantuan software SPSS 23 for windows.
Hasil uji ANACOVA menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (0,00
0,05) yang memperlihatkan adanya pengaruh media pembelajaran mobile learning
berbantuan Smart Apps Creator terhadap motivasi belajar peserta didik, hasil uji
ANACOVA pada data hasil belajar menunjukkn nilai signifikansi sebesar 0,00 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap
hasil belajar peserta didik; hasil estimates marginal means data motivasi belajar
memperoleh nilai mean difference pada kelas kontrol sebesar 79,966 dan kelas
eksperimen sebesar 83,201, hasil nilai perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih
unggul dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan data hasil belajar dari estimates
marginal means memperoleh nilai mean pada kelas kontrol sebesar 77,869 dan
kelas eksperimen sebesar 81,187 sehingga dapat diketahui nilai perbedaan rata rata kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data lapangan, diperoleh
kesimpulan sebagai berikut: 1) Media pembelajaran mobile learning berbantuan
smart apps creator berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran sejarah; 2) Media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps
creator berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
sejarah. Bedasarkan temuan serta kesimpulan hasil penelitian, telah menjawab
persoalan rumusan masalah. Atas hasil yang telah dipaparkan tersebut, saran yang
dibangun berdasarkan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart
apps creator memberikan hasil pembelajaran yang lebih optimal dibandingkan
media pembelajaran e-learning google classroom, sehingga dengan pelaksanaan
media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator memberikan
keuntungan bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran | en_US |