• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Rumah Sakit X Jember dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi di lakukan di Tahun 2023)

    Thumbnail
    View/Open
    Kharisma Caesa Ramadhani_192110101155.pdf (1.518Mb)
    Date
    2023-07-11
    Author
    RAMADHANI, Kharisma Caesa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data profil kesehatan Jember Tahun 2018 hingga 2021 diketahui salah satu RS dengan beberapa capaian indikator kinerjanya masih berada di bawah standar nasional adalah RS X Jember. Selain itu RS X telah menerapkan upaya pengukuran kinerjanya berdasarkan penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dimana beberapa indikator kinerja masih belum memenuhi target yang telah ditetapkan RS X seperti pada capaian kinerja pelayanan dan Cost Recovery Rate (CRR). Oleh karenanya diterapkan pengukuran kinerja lebih jauh terhadap RS X untuk mengetahui kinerjanya dengan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kinerja Rumah Sakit X Jember dengan menggunakan pendekatan BSC. Penelitian dilakukan sejak Oktober 2022 hingga Maret 2023 menggunakan metode deskriptif. Sampel berjumlah 73 responden terdiri dari tenaga dokter, tenaga perawat, tenaga bidan, tenaga penunjang medis, tenaga non medis. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan penyebaran kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja RS X berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diketahui sudah baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal diketahui ALOS, BTO, TOI, dan BOR RS X dari tahun 2020-2022 masih belum memenuhi standar ideal nasional. Berdasarkan perspektif pelanggan masih dijumpai indikator akuisisi pelanggan mengalami penurunan. Berdasarkan perspektif keuangan kinerja rasio efektivitas dan rasio efisiensi RS X dinilai masih kurang
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122112
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository