Show simple item record

dc.contributor.authorFrety Lutviana Saputri
dc.date.accessioned2013-12-24T04:08:19Z
dc.date.available2013-12-24T04:08:19Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210192044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12210
dc.description.abstractFisika merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori konsep. Pembelajaran fisika yang baik seharusnya tidak hanya sekedar menghafal, melainkan lebih menekankan pada proses terbentuknya suatu pengetahuan dan penguasaan siswa terhadap konsep sehingga siswa bisa memperoleh pengetahuan dengan peran aktifnya selama kegiatan hafalan kurang sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika yang meliputi adanya proses, produk dan sikap ilmiah. Pengetahuan fisika terdiri atas banyak konsep dan prinsip yang pada umumnya sangat abstrak. Kesulitan yang dihadapi oleh sebagian besar siswa adalah dalam menginterpretasi berbagai konsep dan prinsip fisika, sebab mereka dituntut harus mampu menginterpretasi pengetahuan fisika tersebut secara tepat dan tidak samar-samar atau tidak mendua arti. Selama ini proses belajar mengajar fisika hanya menghafalkan fakta, prinsip atau teori saja, dan juga siswa lebih banyak mempelajarai suatu konsep dengan cara mendengar informasi tanpa disertai dengan melakukan sendiri. Berdasarkan alasan di atas maka perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-idenya. Adapun model pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMP; dan (2) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan menggunkan pembelajaran berbasis masalah berorientai keterampilan proses dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan teknik trianggulasi data. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain one-group pre test-post test. Dalam penelitian ini terdapat tiga kelas ekperimen yang menerima pembelajaran yang sama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t two tail dua pihak untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai t pada masing-masing kelas eskperimen yaitu, kelas VII A t hitung viii hitung sebesar 25.397 dengan db=40, kelas VIIB t hitung sebesar 28.67, dan kelas VII C t sebesar 14.627 dengan db=41 pada taraf signifikansi 5 % nilai t hitung > t tabel hitung , maka hipotesis nihil (H ) ditolak, berarti hipotesis alternatif (H ) diterima. Hasil analisis rata-rata keterampilan proses siswa untuk setiap indikator keterampilan proses sains sebesar 89,27%, 99%, 85,90%, 84,47%, 74,07% dan 95,80%. Keterampilan proses sains yang tertinggi adalah mencatat hasil pengamatan sedangkan yang terendah adalah menyimpulkan. Hasil analisis keterampilan proses sains siswa diperoleh hasil rata-rata kelas VIIA, VII B, dan VII C sebesar 89,53%, 89,38%, dan 85,32% dan termasuk dalam kriteria baik. a Berdasarkan haasil analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2012/2013; (2) keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanggul selama pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berorientasi keterampilan proses untuk setiap indikator dapat digolongkan dalam kriteria baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192044;
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.titlePembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Keterampilan Proses pada Pembelajaran Fisika di SMP; Frety Lutviana Saputri, 080210192044en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record