Pengembangan Media Big Book Untuk Literasi Dasar Peserta Didik Kelas III Sdn Petung 01 Jember
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi dasar peserta didik SD. Kurikulum 2013 yang berbasis teks menjadikan peserta didik harus memiliki literasi dasar yang baik. Salah satu media yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan literasi dasar peserta didik kelas III SD adalah Big Book. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, efektivitas, dan kepraktisan media Big Book. Seluruh peserta didik kelas III SDN Petung 01 Jember adalah objek dari penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Tahapan penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-8, karena sudah dapat disimpulkan validitas, efektivitas, dan kepraktisan media Big Book. Hasil Validitas media Big Book yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 86,6 (sangat layak). Keefektifan media Big Book memperoleh skor sebesar 93%, (sangat efektif). Kepraktisan Big Book memperoleh skor sebesar 81(sangat praktis). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Big Book yang dikembangkan terbukti valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan literasi dasar peserta didik kelas III SDN Petung 01 Jember.