dc.contributor.author | MAIMUNA, Siti | |
dc.date.accessioned | 2024-07-11T07:36:19Z | |
dc.date.available | 2024-07-11T07:36:19Z | |
dc.date.issued | 2023-07-11 | |
dc.identifier.nim | 190210104113 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122069 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_19 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan di Indonesia sudah memasuki abad revolusi industri 4.0, dimana
pada abad tersebut guru dituntut untuk menerapkan pembelajaran IPA yang
menumbuhkan kemampuan abad ke-21 pada peserta didik. Salah satu kemampuan
abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis adalah
suatu kemampuan pada individu dalam mengelola informasi yang didapat secara
terstruktur demi mencapai suatu tujuan. Namun faktanya membuktikan bahwa
masih rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis di Indonesia. Rendahnya
kemampuan berpikir kritis, khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama
(SMP) adalah karena kurangnya motivasi siswa, masih berpusatnya tenaga
pendidik dalam pembelajaran, soal yang diberikan masih tergolong tingkat rendah,
serta media pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa.
Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang khusus dan
mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu diantaranya
adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis augmented reality untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian pengembangan ini
bertujuan untuk mengkaji beberapa hal, yaitu (1) validitas LKPD berbasis
augmented reality; (2) kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran; (3)
efektivitas LKPD berbasis augmented reality berdasarkan keterampilan berpikir
kritis dan respon siswa terhadap LKPD berbasis augmented reality.
Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE dengan lima
tahapan yaitu (1) analyze; (2) design; (3) develop; (4) implement; dan (5) evaluate.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain
instrumen lembar observasi, lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan
lembar penilaian tes (soal pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang
digunakan dalam validitas media pembelajaran augmented reality yakni
menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh tiga validator. Dalam mengukur
kepraktisan media pembelajaran augmented reality menggunakan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran oleh tiga observer. Adapun untuk mengukur
efektivitas media pembelajaran augmented reality adalah dengan memberikan tes
kemampuan berpikir kritis, dimana peningkatannya dianalisis menggunakan Ngain dan angket repon siswa.
Hasil validitas LKPD berbasis augmented reality berdasarkan perhitungan
rata-rata tiga validator menunjukkan persentase sebesar 92% dengan kategori valid.
Uji coba produk LKPD berbasis augmented reality dilakukan sebanyak dua kali
pertemuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk hasil
pengembangan. Hasil kepraktisan yaitu keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan LKPD berbasis augmented reality yang dilakukan oleh tiga orang
observer dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat
praktis sehingga dinyatakan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis
augmented reality terlaksana dengan baik dan bisa diterapkan dalam pembelajaran
IPA. Hasil keefektifan LKPD berbasis augmented reality diketahui berdasarkan
nilai rata-rata pre-test dan post-test menggunakan indikator kemampuan berpikir
kritis menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,55 yang termasuk
kategori sedang. Keefektifan LKPD berbasis augmented reality berdasarkan respon
siswa menunjukkan nilai rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat positif. Oleh
karena itu, pembelajaran menggunakan LKPD berbasis augmented reality termasuk
efektif.
Kesimpulan penelitian ini yaitu LKPD berbasis augmented reality untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP menunjukkan hasil validitas
dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Oleh karena itu, LKPD berbasis
augmented reality dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd
Zainur Rasyid Ridlo, S. Pd., M.Pd | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.subject | Augmented Reality | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_19 | en_US |