Strategi Pemberian Reward Dalam Pembinaan Kemandirian Anak Kelompok A3 di TK Arni Kabupaten Jember
Abstract
Kemandirian anak harus diajarkan sejak usia dini karena kemandirian yang diberikan ketika usia dini akan membantu mereka menjadi orang dewasa yang mandiri. guru kelompok A3 TK di ARNI Kabupaten Jember bahwa dalam pembinaan kemandirian anak guru memiliki strategi sehingga menyebabkan siswa memiliki kemandirian yang baik dengan menggunakan strategi pembinaan kemandirian yaitu strategi pemberian reward. Reward adalah hadiah yang diberikan oleh guru kepada siswa sebagai penghargaan atas perilaku baik siswa dan berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan uji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa strategi pemberian reward dalam pembinaan kemandirian anak kelompok A3 di TK Arni Kabupaten Jember yaitu guru mengamati perilaku kemandirian anak kemudian anak diberi reward berupa tos, jempol, tempuk tangan atau pujian ketika anak menunjukkan perilaku mandiri.