Show simple item record

dc.contributor.authorRachma Windasari
dc.date.accessioned2013-12-24T04:04:54Z
dc.date.available2013-12-24T04:04:54Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12200
dc.description.abstractTunanetra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Seorang pendidik harus menyadari tentang keberadaan siswa tunanetra sebagai bagian dari fokus yang tidak boleh terabaikan. Untuk itu perlu adanya antisipasi pendidikan dan perhatian lebih bagi siswa-siswa tunanetra. Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Dalam kurikulum Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB-A), Matematika juga diajarkan di setiap jenjang, bahkan Matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran untuk Ujian Nasional mereka. Kesenjangan nampak saat menghubungkan sifat matematika yang membutuhkan pengalaman realistik dengan sulitnya siswa tunanetra yang pada dasarnya memiliki keterbatasan untuk melihat apalagi membandingkan secara nyata. Kesulitan ini akan menjadi hambatan pembelajaran bila tidak ada pendekatan secara khusus bagi mereka. Kesulitan ini akan semakin nampak pada materi-materi yang berkaitan dengan unsur suatu bangun yang memerlukan proses identifikasi tentang bentuk dan sifat – sifatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil desain CD Interaktif – Full Audio dan alat peraga Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A dan untuk mengetahui interpretasi hasil uji coba CD Interaktif – Full Audio dan alat peraga Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A. Setelah dihasilkan CD pembelajaran interaktif untuk siswa tunanetra. Tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi viii formatif, yakni evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki produk. Evaluasi ini dilakukan dengan beberapa cara antara lain test, preview, dan uji coba. Produk akhir pengembangan ini berupa Compact Disc pembelajaran matematika berbantuan komputer dan alat peraga untuk siswa tunanetra pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. CD interaktif yang berisi file berekstensi *.exe ini dapat dijanlankan untuk semua komputer. Validasi produk ini dilakukan untuk menghasilkan media yang layak untuk digunakan. Dari hasil analisis uji kelayakan untuk aspek perangkat lunak, aspek desain pembelajaran, aspek komunikasi audio, serta lain – lain yang mencakup daya jual, prospek pengembangan media, dan kesesuaian tingkat kebutuhan pasar, didapatkan rata – rata nilai dengan kualifikasi “baik”. Dengan demikian media berupa CD dan alat peraga matematika ini sudah layak untuk disebarluaskan. Disamping itu, terdapat antusias yang tinggi dari tanggapan siswa tunanetra sebagai end user. Hal ini tergambar dari hasil angket siswa yaitu dari 9 item, rata – rata nilai pada angket yaitu 4 item mendapat 90% dan 4 item lainnya mendapat 85% dengan kualifikasi sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101080;
dc.subjectMedia Pembelajaran CD Interaktif – Full Audioen_US
dc.titleDesain Media Pembelajaran CD Interaktif – Full Audio dan Alat Peraga Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tuna Netra (SMPLB-A)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record