dc.description.abstract | Tunanetra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan.
Seorang pendidik harus menyadari tentang keberadaan siswa tunanetra sebagai
bagian dari fokus yang tidak boleh terabaikan. Untuk itu perlu adanya antisipasi
pendidikan dan perhatian lebih bagi siswa-siswa tunanetra.
Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan
pada setiap jenjang pendidikan. Dalam kurikulum Sekolah Luar Biasa Tunanetra
(SLB-A), Matematika juga diajarkan di setiap jenjang, bahkan Matematika juga
menjadi salah satu mata pelajaran untuk Ujian Nasional mereka.
Kesenjangan nampak saat menghubungkan sifat matematika yang
membutuhkan pengalaman realistik dengan sulitnya siswa tunanetra yang pada
dasarnya memiliki keterbatasan untuk melihat apalagi membandingkan secara nyata.
Kesulitan ini akan menjadi hambatan pembelajaran bila tidak ada pendekatan secara
khusus bagi mereka. Kesulitan ini akan semakin nampak pada materi-materi yang
berkaitan dengan unsur suatu bangun yang memerlukan proses identifikasi tentang
bentuk dan sifat – sifatnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil desain CD Interaktif
– Full Audio dan alat peraga Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A dan untuk
mengetahui interpretasi hasil uji coba CD Interaktif – Full Audio dan alat peraga
Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A.
Setelah dihasilkan CD pembelajaran interaktif untuk siswa tunanetra. Tahap
selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi
viii
formatif, yakni evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki produk. Evaluasi ini
dilakukan dengan beberapa cara antara lain test, preview, dan uji coba.
Produk akhir pengembangan ini berupa Compact Disc pembelajaran
matematika berbantuan komputer dan alat peraga untuk siswa tunanetra pokok
bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. CD interaktif yang berisi file berekstensi
*.exe ini dapat dijanlankan untuk semua komputer.
Validasi produk ini dilakukan untuk menghasilkan media yang layak untuk
digunakan. Dari hasil analisis uji kelayakan untuk aspek perangkat lunak, aspek
desain pembelajaran, aspek komunikasi audio, serta lain – lain yang mencakup daya
jual, prospek pengembangan media, dan kesesuaian tingkat kebutuhan pasar,
didapatkan rata – rata nilai dengan kualifikasi “baik”. Dengan demikian media berupa
CD dan alat peraga matematika ini sudah layak untuk disebarluaskan. Disamping itu,
terdapat antusias yang tinggi dari tanggapan siswa tunanetra sebagai end user. Hal ini
tergambar dari hasil angket siswa yaitu dari 9 item, rata – rata nilai pada angket yaitu
4 item mendapat 90% dan 4 item lainnya mendapat 85% dengan kualifikasi sangat
baik. | en_US |