Show simple item record

dc.contributor.authorYona, Nova
dc.contributor.authorYONA, Nova
dc.date.accessioned2024-07-11T06:28:13Z
dc.date.available2024-07-11T06:28:13Z
dc.date.issued2023-06-15
dc.identifier.nim190210205015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121960
dc.description.abstractUntuk dapat memiliki kemampuan membaca yang baik, seorang anak perlu memiliki kemampuan keaksaraan awal yang baik sesuai dengan STPPA, di TKMNU Sunan Giri anak-anak memiliki kemampuan keaksaraan awal yang cukup rendah. Dampak covid-19 serta penggunaan media yang kurang bervariasi menjadi penyebabnya. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu media Siput Pintar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal, penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall, dalam penelitian ini terdapat 10 tahapan pengembangan yaitu, 1) mengidentifikasi masalah yang menghasilkan informasi bahwa anak kelmpok B TKMNU Sunan Giri memiliki kemampuan keaksaraan awal yang cukup rendah; 2) pengumpulan data berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dan STPPA untuk menghasilkan gambaran mengenai media untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal; 3) menghasilkan desain media papan berbentuk siput dengan 5 lingkaran untuk menempelkan kartu huruf; 4) validasi desain produk dilakukan dengan 2 orang validator yaitu satu Dosen PG PAUD dan satu Guru TKMNU Sunan Giri; 5) desain media yang telah divalidasi diperbaiki sesuai dengan saran validator yaitu, mengamplas bagian yang masih tajam, menambahkan stiker huruf, mengganti penyangga menjadi model gantungan, melakukan pengecatan ulang, serta memotong bagian atas cup; 6) uji coba produk dilakukan setelah revisi bersama 6 orang anak dari kelompok B1 TKMNU Sunan Giri; 7) perbaikan dilakukan kembali pada media dengan menambah jumlah kartu, menambah penyangga yang dapat dilepas pasang dan memperbesar kantong; 8) setelah revisi dilakukan uji coba pemakaian dengan anak kelompok B1 dan B2 TKMNU Sunan Giri; 9) tidak ada perbaikan yang dilakukan setelah uji coba pemakaian; 10) produksi massal dilakukan dengan membuat video tata cara pembuatan media Siput Pintar dan di unggah di media sosial. Berdasarkan penelitian tersebut media pembelajaran Siput Pintar terbukti valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nanik Yuliati, M.Pd Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan Ilmu pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectKEAKSARAAN AWALen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengembangan Media Siput Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal pada Anak Kelompok B di Tkmnu Sunan Giri Kecamatan Balung Tahun Pelajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_April_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record