dc.contributor.author | ARDHIYANSYAH, Gilang Rifqi | |
dc.date.accessioned | 2024-07-11T01:43:16Z | |
dc.date.available | 2024-07-11T01:43:16Z | |
dc.date.issued | 2023-07-20 | |
dc.identifier.nim | 190210204151 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121903 | |
dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi adanya kekurang maskimalan pada proses pembelajaran di SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, sehingga hasil belajar yang diperolah belum maksimal. Adapun faktor penyebabnya adalah masih digunakannya metode pembelajaran konvensional atau ceramah dalam kegiatan belajar sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain non equivalent control group dan pola kuasi eskperimen. Metode guided note-taking adalah teknik pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan konsentrasi, mendengar, keaktifan, dan pemahaman peserta didik saat mempelajari materi yang jumlahnya banyak melalui handout yang disediakan guru. Subjek yang digunakan adalah kelas VA dan VB SDN 1 Mangkujayan dengan jumlah keseluruhan 58 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan dari pengujian t-test diperoleh hasil thitung 6,127, lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 56 adalah 1,671. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (6,127) > ttabel (1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogo. | en_US |
dc.description.sponsorship | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd
Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | METODE GUIDED NOTE-TAKING | en_US |
dc.subject | MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK | en_US |
dc.title | Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 8 Subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogo | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_12 | en_US |