Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada siswa SMP. Salah satu strategi yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis dan hasil belajar yaitu model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran yang dirancang memberikan kesempatan siswa terlibat mengikuti serangkaian pembelajaran melalui kegiatan pemecahan masalah dan kegiatan yang sistematis sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dengan menggunakan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember. Sampel kelas dipilih purposive sampling dari kelas VIII B dan VIII C. Untuk mengukur berpikir kritis, dilakukan tes soal essay berjumlah 5 soal, 10 soal pilihan ganda untuk hasil belajar ranah pengetahuan dan non-tes pada ranah keterampilan. Hasil penelitian diperoleh setelah dianalisis menggunakan uji t-pihak kanan untuk berpikir kritis nilai thitung nya sebesar 7,890 dan nilai ttabel 1,671. Kemudian hasil belajar siswa ranah pengetahuan memperoleh nilai thitung 3,074 dan nilai ttabel 1,671 dan pada ranah keterampilan diperoleh nilai thitung 3,228 > ttabel 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa model dari Jigsaw pengaruh yang signifikan terhadap berpikir kritis siswa dan hasil belajar IPA oleh siswa SMP pada materi getaran dan gelombang.