Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Tipe Kepribadian Holland
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret ditinjau dari tipe kepribadian Holland. Pada penelitian ini analisis kesalahan yang digunakan berdasarkan Newman’s Analysis Error (NEA) yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tipe kepribadian Holland dan soal tes serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe Realistic dan Artistic melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban. Siswa dengan tipe Investigative dan Conventional hanya melakukan kesalahan penulisan jawaban. Siswa dengan tipe Social melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban sedangkan siswa dengan tipe Enterprising hanya melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. Faktor utama yang menyebabkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa adalah kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan soal.