Pengembangan E-Komik IPA Berbasis Gambar Dinamis Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk memperoleh pengetahuan, sehingga siswa mendapatkan secara mandiri konsep-konsep IPA. Pada proses menemukan konsep, siswa memerlukan kemampuan berpikir kreatif. Melalui berpikir kreatif, siswa harus mampu memahami, mengontrol dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dapat disebabkan oleh tidak adanya perangkat pembelajaran yang bisa dipakai siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Guru tidak menggunakan perangkat pembelajaran yang lengkap, tidak melatih kemampuan berpikir kreatif siswa, guru justru memakai setting model pembelajaran konvensional, serta tidak memakai model pembelajaran yang inovatif serta konstruktif. Salah satu perangkat pembelajaran yang bisa dipakai pada saat kegiatan pembelajaran ialah e-komik. Namun dari beberapa penelitian mengenai komik dan e-komik yang pernah diteliti dan dikembangkan oleh peneliti tersebut kebanyakan hanya berfokus pada peningkatan minat serta motivasi siswa pada saat proses belajar ataupun dalam meningkatkan hasil dari belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan mengkaji validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-komik IPA berbasis gambar dinamis pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar validasi, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk dapat mengetahui kepraktisan, validitas, kemampuan berpikir kreatif siswa melalui tes dan diukur menggunakan N-gain, serta respon siswa setelah menggunakan e-komik yang dikembangkan. Dengan demikian data yang diperoleh yaitu validitas, keterlaksanaan pembelajaran, data pretest dan posttest, dan respon siswa.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan e-komik yaitu, dari perhitungan hasil validasi menunjukkan validitas sebesar 91,08% dengan kategori sangat valid. Kemudian, dilakukan uji coba produk e-komik dari hasil pengembangan di SMPN 5 Jember kelas VIII F sebanyak tiga kali pertemuan untuk mengetahui produk hasil pengembangan dapat dikatakan praktis dan efektif. Hasil kepraktisan dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-komik oleh tiga orang observer memperoleh rata-rata 96,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil keefektifan produk e-komik dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest yang menggunakan indikator kemampuan berpikir kreatif menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang, dan memperoleh respon siswa sebesar 97,5% yang termasuk kategori sangat positif. Dengan demikian hasil pembelajaran dengan menggunakan e-komik pada materi sistem pernapasan manusia termasuk bahan ajar yang efektif dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas e-komik IPA berbasis gambar dinamis pada materi sistem pernapasan manusia yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-komik ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru, dengan demikian e-komik termasuk dalam kategori praktis. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah menggunakan e-komik menunjukkan kriteria N-gain sedang, dengan demikian e-komik ini dapat memenuhi kriteria efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar yakni pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia dalam pembelajaran IPA di SMP.