dc.contributor.author | HARYUDHA, Dony Putra | |
dc.date.accessioned | 2024-07-10T02:57:31Z | |
dc.date.available | 2024-07-10T02:57:31Z | |
dc.date.issued | 2024-06-20 | |
dc.identifier.nim | 200910201059 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121831 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 10 Juli 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Proses Pelayanan PEDULI
KAMU (Pelayanan Jemput Bola disabilitas, odgj, dan penduduk lansia) di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengoptimalkan pelayanan
kependudukan di Kabupaten Jember. Sebelum adanya Pelayanan PEDULI KAMU,
lansia dan disabilitas harus datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Jember untuk mengurusi dokumen admindukcapil.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Jember menciptakan pelayanan PEDULI KAMU yang dibuat untuk
melayani masyarakat yang tidak berdokumen karena kesulitan dalam mengakses
layanan. Dengan adanya pelayanan PEDULI KAMU, masyarakat hanya perlu
menghubungi no WA Center dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan teori Siagian (2004:60) ada kriteria yang dapat
digunakan untuk mengukur efektivitas dari proses pelayanan publik yakni kecepatan
waktu, ketepatan waktu, ketelitian pemberian layanan pengguna dan juga perhatian
layanan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif bersifat deskriptif melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam uji
validitas data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data model
interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014).
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelayanan melalui PEDULI KAMU
(Pelayanan Jemput Bola disabilitas, odgj, dan penduduk lansia) belum sepenuhnya
efektif. Meskipun masyarakat menanggapi kepuasan dari pelayanan melalui
PEDULI KAMU namun masih terdapat hambatan atau kendala yang dihadapi
pengguna seperti gangguan sinyal jika digunakan secara bersamaan dalam jumlah
yang banyak sehingga pegawai sedikit slow respon dalam menanggapi. Pada empat
kriteria efektivitas menurut Siagian (2004) yang meliputi kecepatan waktu, ketepatan
waktu, ketelitian pelayan, dan perhatian pelayanan sudah sepenuhnya efektif. Kriteria
perhatian pelayanan menunjukkan bahwa masyarakat puas dengan pelayanan melalui
PEDULI KAMU dimana masyarakat dipermudah dalam mengurus dokumen
kependudukan dari segi prosedur, jangka waktu dan biaya pelayanan. Hal itu juga
dibuktikan dengan IKM pelayanan dimana pada setiap tahunnya mengalami
peningkatan. Kriteria ketelitian pelayanan telah efektif karena pegawai sudah
tanggap terhadap kepentingan dan keinginan masyarakat. Kriteria ketepatan waktu
telah efektif diwujudkan dengan kemampuan pegawai dalam memahami dan
memprioritaskan kepentingan pemohon serta menjalankan tanggung jawabnya
dengan tepat waktu dan baik. Pelayanan Jemput Bola disabilitas, odgj, dan penduduk lansia (PEDULI KAMU)
merupakan pelayanan berbasis website ataupun whatsapp yang digunakan untuk
mempermudah dan mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan di
Kabupaten Jember. Meskipun dalam beberapa kriteria pelayanan PEDULI KAMU
telah menunjukkan bahwa pelayanan telah berjalan efektif, namun pelayanan
PEDULI KAMU tidak terhindarkan dari kendala dan kesulitan yang dihadapi
sehingga pelayanan melalui PEDULI KAMU di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Jember belum sepenuhnya berjalan dengan efektif. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Abul Haris Suryo Negoro S.Ip., M.SI. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik | en_US |
dc.subject | Proses Pelayanan Peduli Kamu | en_US |
dc.subject | Dinas Kependudukan | en_US |
dc.subject | Pencatatan Sipil Kabupaten Jember | en_US |
dc.title | Efektivitas Proses Pelayanan Peduli Kamu di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Negara | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Abul Haris Suryo Negoro S.Ip, M,Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Anwar, M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 9 Juli 2024 | en_US |