Penerapan Program Tahfidz Al-Qur'an pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bina Anaprasa Nuris Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai penerapan program tahfidz Al-Qur’an di TK Bina Anaprasa Nuris Kabupaten Jember dengan menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 20 anak yang merupakan peserta didik di TK Bina Anaprasa Nuris yang mengikuti program tahfidz Al-Quran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu program pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an untuk anak usia dini di TK Bina Anaprasa dilaksanakan dalam tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan mencakup menetapkan tujuan pembelajaran, menetapkan target hafalan, dan menyiapkan media pembelajaran. Pelaksanaan mencakup pengelolaan kelas, penggunaan media pembelajaran, dan penyediaan sarana prasarana dalam program tahfidz Al-Quran berjalan dengan baik. Metode yang digunakan dalam program tahfidz Al-Quran di TK Bina Anaprasa Nuris yaitu tasmi’ dan talaqqi. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program tahfidz Al-Quran. Faktor pendukung dalam program tahfidz di Tk Bina Anaprasa yaitu dukungan dari orang tua dan sekolah yang ingin anaknya menjadi penghafal Al-Quran dan dapat mempelajari lebih dalam mengenai agama. Faktor penghambatnya yaitu terdapat beberapa anak yang tidak lancar dalam hafalan.