Karakteristik Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Pada Pondok Pesantren Yatim Dhuafa (PPYD) Al-Ikhlas Malang
Abstract
Perkembangan sosial emosional adalah salah satu aspek perkembangan yang penting bagi anak, sedangkan anak-anak yang berada di pondok pesantren memiliki kondisi yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Perbedaan faktor lingkungan yang dihadapi anak memunculkan respon perkembangan sosial emosional yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun pada pondok pesantren yatim dhuafa (PPYD) Al-Ikhlas Malang. Penelitian tentang karakteristik perkembangan sosial emosional dilaksanan di Pondok Pesantren Yatim Dhuafa Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang dan berlangsung selama 1 bulan. Subjek yang diteliti adalah dua anak yang tinggal di pondok pesantren yatim dhuafa. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang diperoleh dari 3 orang musyrifah dan 2 orang guru dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yakni anak yang tinggal di pondok pesantren sejak lahir memiliki karakteristik sosial emosional yang tidak jauh berbeda dengan anak seusianya namun memiliki potensi masalah ketika anak akhirnya mengetahui kondisi sesungguhnya. Sedangkan anak yang yang baru masuk pada usia pra sekolah memiliki beberapa kesulitan pada karakteristik sosial emosionalnya karena pengaruh latarbelakang anak sebelum masuk pondok pesantren yang mengalami beberapa kali perubahan pengasuh dan berpindah-pindah domisili.