• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Terhadap Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    AGNESTIN TANTRIASIH_180210204281_SKRIPSI.pdf (2.997Mb)
    Date
    2023-02-24
    Author
    TANTRIASIH, Agnestien
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daya ingat siswa tidak hanya cukup dilakukan dengan pembelajaran konvensional saja akan tetapi juga dilakukan dengan penuh pemahaman. Oleh sebab itu, guru sebagai salah satu sumber pengetahuan siswa perlu untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berbasis video disekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso pada hari Senin tanggal 13 September 2021 memperoleh keterangan bahwa guru lebih sering menggunakan buku siswa dan buku penunjang. Alat peraga dan media pembelajaran jarang dipakai, terkadang guru lebih senang memanfaatkan media sederhana seadanya yang ada di sekitar kelas. Sekolah telah menyediakan LCD proyektor, namun disayangkan media ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Guru sangat jarang menggunakan LCD proyektor karena tidak mau repot untuk mengoprasikannya. Metode yang sering digunakan oleh guru yaitu metode ceramah dan penugasan. Kendala yang dialami guru ketika kegiatan pembelajaran yaitu ada beberapa siswa gaduh di dalam kelas sehingga dapat menghambat proses pengelolaan kelas secara optimal. Strategi yang dapat digunakan guru mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat menarik perhatian peserta didik dan juga membuat suasana pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran media audio-visual merupakan salah satu yang dianggap dapat mewakili setiap siswa dalam menangkap pembelajaran. Karena media audio-visual dapat menampilkan berbagai macam jenis visual dan audio di dalam satu sajian unik dan menarik. Media audio-visual seringkali dikatakan multimedia. Hal ini dikarenakan karakteristiknya yang merupakan penggabungan lebih dari satu unsur media dan melibatkan lebih dari satu anggota panca indra. Media audio visual berbasis video diduga mampu lebih menarik, karena siswa dapat belajar dengan melihat suara dan video dalam satu waktu yang bersamaan. Pembelajaran yang jelas, rinci, dan mudah dipahami dari pada metode pembelajaran biasa yang tentunya lebih membuat jenuh dan daya menalar lebih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan variabel yaitu untuk meningkatkan daya ingat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso, pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t untuk sample terpisah, dan uji keefektifan relatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Hasil perhitungan uji-t pada hasil belajar ranah kognitif adalah sebesar 2,253. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 0,6% dengan kategori keefektifan perlakuan sangat rendah
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121800
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository