Pelayanan Sosial Bagi Anak Terlantar Usia Sekolah di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan sosial yang berfokuskan pada bentuk pelayanan sosial bagi anak terlantar usia sekolah di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek. Berawal dari maraknya permasalahan anak terlantar di masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengeluarkan kebijakan terkait penanganan anak terlantar usia sekolah yaitu dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek yang merupakan lembaga yang berfokus dalam menangani anak terlantar usia sekolah dan sebagai pusat pengembangan sosial anak terlantar usia sekolah di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana bentuk pelayanan sosial bagi anak terlantar usia sekolah di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek. Ditemukan bahwa melalui bentuk pelayanan sosial pada setiap tahapan pelayanan bagi anak terlantar usia sekolah di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak Trenggalek diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anak terlantar usia sekolah, keberfungsian sosial meningkat, kebutuhan dasar anak terpenuhi, mewujudkan pemenuhan hak dasar anak dan perlindungan terhadap anak dari penelantaran dapat bersosialisasi dengan baik, kepercayaan diri, mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak dan kelangsungan hidup.