Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Spinning Wheel terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran abad-21 merupakan tantangan bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, kreatif dan komunikatif. Berdasarkan hasil observasi penerapan model pembelajaran konvensional menunjukkan ketidakaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran team games tournament berbantuan media spinning wheel melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantuan media spinning wheel terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan mengaplikasikan desain posttest only control group design. Penentuan lokasi pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata ¬posttest lebih unggul. Kelas eskperimen memiliki rata-rata nilai posttest 77,27 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata posttest 52,88. Hasil uji hipotesis independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media spinning wheel terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.