• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran RBL dengan Pendekatan STEM dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Penggunaan Chitosan sebagai Bahan Pengawet Alami Daging Olahan

    Thumbnail
    View/Open
    Disertasi Rina Sugiarti Dwi Gita.pdf (3.248Mb)
    Date
    2023-08-14
    Author
    GITA, Rina Sugiarti Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan soal masalah penggunaan kitosan sebagai pengawet alami pada daging olahan. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kombinasi kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Penggunaan metode penelitian kuantitatif untuk menganalisis hasil keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada penerapan model pembelajaran RBL-STEM, sedangkan metode penelitian kualitatif digunakan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dan potret fase keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Responden penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki 25 mahasiswa dan kelas eksperimen memiliki 30 mahasiswa. Kami menggunakan tes, wawancara, dan kuesioner untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa independent sample t-test pada skor post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 (p = <0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RBL dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam memecahkan masalah menggunakan chitosan sebagai pengawet alami daging olahan. Selebihnya, berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa sebesar 98,25%, sehingga siswa kelas eksperimen berada pada kategori “sangat aktif”.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121739
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository