Efektifitas Penggunaan Moodle Terhadap Kemandirian Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia yang sangat penting dan harus dipenuhi. Pendidikan sendiri merupakan suatu bentuk investasi diri yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang untuk menghadapi persaingan serta tantangan waktu di seluruh dunia yang semakin pesat. Kualitas pendidikan sangatlah mempengaruhi kualitas diri seseorang dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada serta mencerminkan kepribadian seseorang dalam melakukan interaksi di lingkungan sosialnya. Berkaitan dengan hal itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan segala pengalaman belajar yang berlangsung sepanjang hayat dalam menghadapi segala lingkungan situasi seorang individu serta memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan hidupnya. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran sejarah pastinya sangatlah penting guna mengembangkan ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada dasarnya sejarah sendiri merupakan mata pelajaran yang sangatlah menarik untuk digali lebih dalam, dimana dalam materi yang disampaikan terdapat nilai-nilai moral yang dapat diteladani guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki rasa nasionalisme serta memiliki rasa dedikasi yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Hanya saja persoalan klasik dalam pembelajaran sejarah disekolah adalah adanya image yang dimiliki oleh peserta didik bahwa mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang terlalu banyak menghafal, kurang menarik dan membosankan.