Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Dalam pembelajaran matematika penggunaan media belajar terutama pada
materi bangun ruang sisi datar masih menggunakan media konvensional yang
kurang diminati dan dipahami oleh siswa, dari masalah tersebut maka peneliti
ingin membuat media dengan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis
android yang dapat menghasilkan objek 3D dengan tujuan agar siswa dapat
memvisualisasikan dan bisa lebih mengerti konsep bangun ruang sisi datar.
Aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) ini dibangun menggunakan
beberapa tools yaitu blender, unity 3D dan Vuforia. Data yang diperoleh
kemudian diolah dengan model pengembangan media pembelajaran 4D yang
tersusun dari 4 langkah, adalah Define (Pendefinisian) pada tahap ini data
diperoleh dengan melaksanakan wawancara pada pengajar pelajaran matematika
di SMP Muhammadiyah 1 Jember, Design (Perancangan) dirancang
menggunakan Star UML, Development (Pengembangan) ini dibuat dengan
aplikasi Unity 2021, Disseminate (Penyebaran) diterapkan pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa
aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) layak dan dapat digunakan dengan
baik oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember.