dc.contributor.author | PRAYOGA, Ega Bintang | |
dc.date.accessioned | 2024-06-20T06:21:35Z | |
dc.date.available | 2024-06-20T06:21:35Z | |
dc.date.issued | 2024-01-25 | |
dc.identifier.nim | 200210303066 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702 | |
dc.description.abstract | Kemampuan literasi geografi yang rendah berdampak buruk pada pencapaian
tujuan pembelajaran, karena sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam
memahami dan menghubungkan ilmu geografi dikehidupan sehari-hari. Solusi dari
rendahnya kemampuan literasi geografi siswa ialah memilih model dan media yang
sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media TikTok
terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group
design. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai tes kemampuan literasi geografi
siswa secara kognitif dikelas eksperimen sebesar 70,2 lebih tinggi dibandingkan
kelas kontrol sebesar 57,8. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh
nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian bahwa ada
pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan
media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | TikTok | en_US |
dc.subject | Kemampuan Literasi Geografi | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ana Susiati, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 20 | en_US |