Show simple item record

dc.contributor.authorPRAYOGA, Ega Bintang
dc.date.accessioned2024-06-20T06:21:35Z
dc.date.available2024-06-20T06:21:35Z
dc.date.issued2024-01-25
dc.identifier.nim200210303066en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702
dc.description.abstractKemampuan literasi geografi yang rendah berdampak buruk pada pencapaian tujuan pembelajaran, karena sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam memahami dan menghubungkan ilmu geografi dikehidupan sehari-hari. Solusi dari rendahnya kemampuan literasi geografi siswa ialah memilih model dan media yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group design. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai tes kemampuan literasi geografi siswa secara kognitif dikelas eksperimen sebesar 70,2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 57,8. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectTikToken_US
dc.subjectKemampuan Literasi Geografien_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ana Susiati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 20en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record