Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Cycle 6E Sub Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Siswa SMA/MA
Abstract
Pembelajaran geografi khususnya pada materi persebaran flora dan fauna
masih dirasakan sulit oleh siswa sehingga dikembangkan produk E-Modul
berrbasis Learning Cycle 6E. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan EModul geografi berbasis Learning Cycle 6E dan mengetahui tingkat kelayakan
serta kepraktisan dari E-Modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE.
Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 4 yang terdiri dari 34 siswa. Hasil uji
validasi e-modul oleh 3 ahli memperoleh nilai 93,7% ahli E-Modul, 98% ahli
materi, 100% praktisi pembelajaran dengan interpretasi sangat valid dan
keterangan dapat digunakan tanpa revisi. Tingkat kepraktisan e-modul diperoleh
berdasarkan respon siswa yang memperoleh presentase sebesar 92,3% kelompok
kecil dan 93% kelompok besar dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil
perhitungan nilai validasi ahli dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa
pengembangan e-modul berbasis Learning Cycle 6E dapat digunakan secara
efektif dan membantu siswa dalam belajar mandiri.