Analisis Determinan Keputusan Pembelian Mie Gacoan Dengan Sikap Terhadap Produk Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan keputusan pembelian Mie Gacoan dengan sikap terhadap produk sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan untuk studi penelitian ini merupakan konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian pada produk Mie Gacoan Cabang Jember. Peneliti menggunakan metode non probability sampling dalam menentukan sampel. Selanjutnya, peneliti menggunakan teknik pemeriksaan purposif (purposive sampling) yaitu menentukan sampel/responden dengan karakteristik yang telah dipilih oleh peneliti. Perhitungan dilakukan dengan mengalikan seluruh indikator sebanyak 5 kali sehingga diperoleh jumlah sampel minimum sebanyak 105. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap produk Mie Gacoan, pengetahuan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap produk Mie Gacoan, label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap produk Mie Gacoan, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, pengetahuan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sikap produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan, sikap produk dapat memediasi pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan, sikap produk dapat memediasi pengaruh pengetahuan halal terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan, serta sikap produk dapat memediasi pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan.