Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia 5-6 tahun di PAUD-KB SWASEMBADA I Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Pemberian reward ini merupakan satu dari banyaknya metode yang dapat dilakukan pendidik untuk menumbuhkan perkembangan maupun semangat belajar pada anak. penurunan semangat belajar tersebut mengakibatkan anak mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Anak tidak mengerjakan tugas serta kurang adanya semangat saat proses belajar mengajar di kelas sedang berlangsung yang ditunjukkan dengan sikap anak yang diam saja saat sesi recalling. Hal ini mengakibatkan suasana di dalam kelas menjadi membosankan untuk anak dan proses belajar menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun di PAUD-KB Swasembada I Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimen dengan pola penelitian One Group Pretest-Posttest. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari anak kelompok B di PAUD-KB Swasembada I Kecamatan Clurimg Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2022/2023. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji Wilcoxon menggunakan SPSS versi 26.0 diketahui bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,012 < 0,05 sehingga Ha diterima H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pada pemberian reward terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di PAUD-KB Swasembada I Kecamatan Cluring.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Reward.