Literasi Keuangan Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi keuangan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kencong tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengajarkan literasi keuangan kepada siswa sebagai life skill. Konsep pengelolaan keuangan yang bijak dan kemampuan mengendalikan pengeluaran dengan menentukan apa yang dibutuhkan dari apa yang diinginkan juga diperkenalkan dalam pendidikan literasi keuangan bagi siswa, yang lebih dari sekedar pengenalan uang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecong. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menetapkan kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Terdiri dari kelas X4, X5 dan X8 yang berjumlah 10 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh berdasarkan aspek literasi keuangan mulai dari pengetahuan keuangan, perilaku keuangan, dan sikap keuangan. Menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pengetahuan keuangan yang ditunjukkan oleh nilai tertinggi pada ulangan harian pada skala prioritas dan biaya peluang belum tentu menerapkan pengetahuan keuangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan dan penerapan literasi keuangan mereka peroleh dari lingkungan sekolah dan dari kesadaran siswa akan pentingnya literasi keuangan yang berguna di masa depan, dengan perilaku keuangan yang dimiliki siswa ditambah dengan sikap keuangan siswa maka akan mudah dalam mewujudkannya. keputusan keuangan pribadi.