dc.contributor.author | HANDAYANI, Tika Nur | |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T07:14:24Z | |
dc.date.available | 2024-06-19T07:14:24Z | |
dc.date.issued | 2024-01-23 | |
dc.identifier.nim | 200210204028 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121601 | |
dc.description | validasi_repo_firli_Maret_2024_27 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran matematika di kelas IV menggunakan kurikulum merdeka,
dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan secara umum bahwasannya
pembelajaran berpusat pada guru (interaksi satu arah), penggunaan model yang
kurang tepat, dan kurangnya pemanfaatan media sebagai sarana pendukung
pembelajaran. Dalam mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan kelas
IV C untuk menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)
berbantuan media PABICAH agar dapat mengoptimalkan pembelajaran. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh model Kooperatif Tipe
Team Games Tournament (TGT) berbantuan media PABICAH terhadap hasil
belajar siswa kelas IV materi bilangan cacah sampai 10.000 SDN Sumbersari 3
Jember?”.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen pola non-equivalent
control group. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu kelas IV A, IV B dan
IV C, masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan
kelas kontrol melalui syarat uji homogenitas yang memperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,73 > 0,05, sehingga ketiga kelas tersebut dinyatakan homogen.
Kemudian melakukan Teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas IV B
sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu Tes dan
dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test dan post-test, sedangkan dokumentasi yaitu
nilai UAS matematika siswa kelas IV SDN Sumbersari 3 Jember. Teknik analisis
data yang digunakan peneliti yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji keefektifan
relatif dengan taraf signifikansi 5%.
Analisis data dengan uji t melalui syarat uji normalitas dari selisih nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,074 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,63, sehingga
kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal. Instrument tes yang digunakan pada
penelitian ini berupa soal objektif sebanyak 20 item soal yang telah dilakukan uji
validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Hasil validitas memperoleh nilai
sebesar 96,25 dan uji reliabilitas sebesar 0,94. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji t berbantuan aplikasi SPSS versi 23. Data yang digunakan untuk
melakukan uji t yaitu selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Selisih nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 16,9
dan kelas kontrol sebesar 9,6. Hasil perhitungan uji t memperoleh thitung sebesar
3,577 yang akan dilihat dengan ttabel, cara menentukan ttabel ialah dengan
menentukan df terlebih dahulu. Df adalah jumlah keseluruhan sampel yang
dikurangi 2 yaitu 27 +27 – 2 = 52 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05,
sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 2,007. Hasil tersebut menunjukkan bahwa
thitung > ttabel yaitu 3,577 > 2,007. Berdasarkan keputusan tersebut diperoleh Ha
diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya melakukan uji keefektifan relatif (ER) yang
memperoleh nilai keefektifan relatif sebesar 56,52% dengan kategori keefektifan
sedang.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan pada penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)
berbantuan media PABICAH terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi bilangan
cacah sampai 10.000 SDN Sumbersari 3 Jember. | en_US |
dc.description.sponsorship | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.
Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Kooperatif | en_US |
dc.subject | Team Games Tournament | en_US |
dc.subject | Media PABICAH | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media PABICAH Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bilangan Cacah Sampai 10.000 SDN Sumbersari 3 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PGSD | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S. Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Maret_2024_27 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |