Show simple item record

dc.contributor.authorHANDAYANI, Tika Nur
dc.date.accessioned2024-06-19T07:14:24Z
dc.date.available2024-06-19T07:14:24Z
dc.date.issued2024-01-23
dc.identifier.nim200210204028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121601
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Maret_2024_27en_US
dc.description.abstractPembelajaran matematika di kelas IV menggunakan kurikulum merdeka, dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan secara umum bahwasannya pembelajaran berpusat pada guru (interaksi satu arah), penggunaan model yang kurang tepat, dan kurangnya pemanfaatan media sebagai sarana pendukung pembelajaran. Dalam mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan kelas IV C untuk menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media PABICAH agar dapat mengoptimalkan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media PABICAH terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi bilangan cacah sampai 10.000 SDN Sumbersari 3 Jember?”. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen pola non-equivalent control group. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu kelas IV A, IV B dan IV C, masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui syarat uji homogenitas yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,73 > 0,05, sehingga ketiga kelas tersebut dinyatakan homogen. Kemudian melakukan Teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu Tes dan dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test dan post-test, sedangkan dokumentasi yaitu nilai UAS matematika siswa kelas IV SDN Sumbersari 3 Jember. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji keefektifan relatif dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dengan uji t melalui syarat uji normalitas dari selisih nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,074 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,63, sehingga kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini berupa soal objektif sebanyak 20 item soal yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 96,25 dan uji reliabilitas sebesar 0,94. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t berbantuan aplikasi SPSS versi 23. Data yang digunakan untuk melakukan uji t yaitu selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selisih nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 16,9 dan kelas kontrol sebesar 9,6. Hasil perhitungan uji t memperoleh thitung sebesar 3,577 yang akan dilihat dengan ttabel, cara menentukan ttabel ialah dengan menentukan df terlebih dahulu. Df adalah jumlah keseluruhan sampel yang dikurangi 2 yaitu 27 +27 – 2 = 52 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 2,007. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,577 > 2,007. Berdasarkan keputusan tersebut diperoleh Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya melakukan uji keefektifan relatif (ER) yang memperoleh nilai keefektifan relatif sebesar 56,52% dengan kategori keefektifan sedang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media PABICAH terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi bilangan cacah sampai 10.000 SDN Sumbersari 3 Jember.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih, S.Pd., M.Pd. Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTeam Games Tournamenten_US
dc.subjectMedia PABICAHen_US
dc.titlePengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media PABICAH Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bilangan Cacah Sampai 10.000 SDN Sumbersari 3 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPGSDen_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S. Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Maret_2024_27en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record