Kritik Sosial dalam Novel Majnun Karya Anton Kurnia dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Pembelajaran Menulis Teks Kritik Berbasis Sastra di SMA Kelas XII
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang kritik sosial dan bentuk penyampaian kritik dalam novel Majnun karya Anton Kurnia serta pemanfaatannya sebagai materi pembelajaran menulis teks kritik berbasis sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Rancangan yang digunakan adalah rancangan sastra dengan pendekatan teori sosiologi sastra Alan Swingewood. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca-catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian diantaranya (1) kritik sosial terhadap masyarakat meliputi diskriminasi hak perempuan, masalah genetik, masalah pendidikan, dan masalah kependudukan. (2) kritik sosial terhadap pemerintah meliputi pemerintah yang represif, korupsi, ketidakadilan pemerintah, dan disfungsi aparat penegak hukum. (3) bentuk penyampaian kritik secara langsung dengan alur cerita dan kritik secara tidak langsung berupa kritik sinis dan kritik simbolik. (4) Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan materi pembelajaran menulis teks kritis berbasis sastra di SMA kelas XII, yaitu pada ATP Menulis teks kritik karya kreatif berbasis sastra dari misal (cerpen, film) yang dibaca (Teks novel).