Analisis Proses Berpikir Kombinatorik Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Locus of Control
Abstract
Berpikir Kombinatorik adalah cara berpikir yang mengaitkan antara pernyataan atau rumus, proses
perhitungan, serta hasil atau kesimpulan. Locus of control yaitu keyakinan individu yang yakin jika seluruh
kejadian bersumber dari usahanya sendiri atau usaha dari luar individu tersebut. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan guna mendeskripsikan proses berpikir kombinatorik siswa dalam menyelesaikan soal barisan
dan deret ditinjau dari locus of control. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas enam siswa terpilih yang telah dikategorikan dalam internal dan
external locus of control. Insrumen penelitian yang digunakan meliputi angket, soal tes, dan wawancara yang
selanjutnya dianalisis berdasarkan lima indikator berpikir kombinatorik (mengidentifikasi beberapa kasus,
mengenali pola dari semua kasus, menggeneralisasi semua kasus, membuktikan secara sistematis, dan
mempertimbangkan dengan masalah kombinatorial lain). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Siswa
internal locus of control memenuhi semua lima indikator berpikir kombinatorik berupa mengidentifikasi
beberapa kasus, mengenali pola dari semua kasus, menggeneralisasi semua kasus, membuktikan secara
sistematis, dan mempertimbangkan dengan masalah kombinatorial lain. 2) Siswa external locus of control
memenuhi empat dari lima indikator berpikir kombinatorik berupa identifikasi beberapa kasus, mengenali
pola dari semua kasus, membuktikan secara sistematis, dan mempertimbangkan dengan masalah
kombinatorial lain.