Analisis miskonsepsi peserta didik pada materi transformasi geometri ditinjau dari gaya kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis – jenis miskonsepsi peserta didik pada materi transformasi geometri yang di tinjau dengan gaya kognitif field-independent dan field-dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember kelas XI. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket Group Embedded Figure Test (GEFT) diperoleh hasil dua peserta didik dengan gaya kognitif field-independent dan dua peserta didik field-dependent. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrument peneliti, angket, tes, dan pedoman wawancara. Sedangkan untuk metode pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan metode wawancara. Hasil penelitian diperoleh peserta didik dengan gaya kognitif field-independent lebih sedikit mengalami miskonsepsi sedangkan peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent lebih banyak mengalami miskonsepsi.