• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan Kalimantan Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Afifah Putri Fathma N_Repository.pdf (2.253Mb)
    Date
    2024-01-31
    Author
    NINGRUM, Afifah Putri Fathma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tugas akhir ini tentang “Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan Kalimantan Kabupaten Jember” diangkat berdasarkan latar belakang kurang maksimalnya beberapa program unggulan SAMSAT Jember, sehingga Kantor SAMSAT Jember membuat sebuah program dalam bentuk layanan cepat, dan mudah tanpa turun dari kendaraan yang disebut SAMSAT Drive Thru, dengan tujuan menghilangkan interaksi antara wajib pajak dengan calon dan dapat lebih memudahkan dalam pembayaran pajak tahunan. SAMSAT Drive Thru terletak pada dua lokasi dan selama program ini terlaksana terdapat perbedaan penilaian masyarakat terkait kualitas kedua lokasi tersebut berdasarkan ulasan google SAMSAT Drive Thru. Berdasarkan respon dari pengguna pelayanan tersebut maka diperlukan penelitian mengenai perbandingan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan adalah untuk menjelaskan apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dengan SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini konsep yang digunakan adalah konsep kualitas pelayanan. Paradigma yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling berupa accidental sampling, yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat perbedaaan anatar SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dengan Jl. Kalimantan. Jika dilihat dari hasil analisis data pada setiap dimensi kualitas pelayanan (dimension by dimension) uji hipotesis Mann Whiteny menunjukkan tiga dimensi tidak memiliki perbedaan secara siginfikan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dan SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan. Tiga dimensi tersebut yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Emphaty (empati) dengan masing-masing taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Terdapat dua dimensi yang memiliki perbedaan dengan nilai signifikansi kurang dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu Tangible (Bukti Langsung) 0,002 dan Responsiveness (Daya Tanggap) 0,000.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121538
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository