Efektivitas Permainan Tourney Token Terhadap Tingkat Agresivitas Anak Kelompok A di TK Nur Aisyah Pakusari
Abstract
Karakteristik dari perilaku agresif anak seperti mencubit, memukul, mengolok-olok,
dan mengejek adalah perilaku yang tidak diharapkan seorang guru, dikarenakan
perilaku tersebut selain mengganggu proses pembelajaran, juga mengganggu dan
menakuti anak lainnya. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok A di TK Nur
Aisyah Pakusari, terdapat beberapa anak yang menunjukkan perilaku agresif. Tujuan
penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh treatment permainan Tourney Token
terhadap tingkat agresivitas anak kelompok A di TK Nur Aisyah. Penelitian ini
menggunakan jenis desain penelitian pra eksperimental dan menggunakan pola
penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Dari penelitian ini didapatkan hasil
berupa negative ranks sebesar 8,50 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Dapat
diketahui bahwa nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diketahui
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari uji hipotesis menyatakan bahwa penerapan
permainan Tourney Token berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anak kelompok A
di TK Nur Aisyah Pakusari.