Show simple item record

dc.contributor.authorIMAMAH, Rifta Maulani Nur
dc.date.accessioned2024-06-13T01:36:02Z
dc.date.available2024-06-13T01:36:02Z
dc.date.issued2024-03-21
dc.identifier.nim200210104005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121411
dc.description.abstractKemampuan problem solving menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan abad ke-21 yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan ini merupakan bagian dari kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) yang perlu ditanamkan pada siswa agar dapat mempersiapkan mereka menjadi sumber daya manusia yang unggul di masa mendatang. Kemampuan problem solving merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dan membuat keputusan yang kompleks, di mana masalah dijadikan titik awal untuk dianalisa guna menemukan solusi atau jawaban. Kemampuan problem solving menjadi hal yang sangat esensial bagai siswa, terutama dalam konteks pembelajaran IPA. Dalam memahami IPA, siswa tidak hanya melibatkan pemahaman konsep, tetapi juga menekankan pada pengembangan pola pikir untuk mampu mengatasi masalah secara kritis, logis, dan teliti. Kemampuan problem solving yang dimiliki siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan problem solving siswa disebakan karena kurangnya pengalaman siswa dalam menghadapi permasalahan, sehingga siswa kesulitan dalam menghubungkan teori yang dipelajari dengan situasi yang dihadapi. Selain itu, guru juga lebih cenderung fokus pada aspek pengetahuan dan pemahaman konsep saja, sehingga membuat peserta didik hanya mampu menghafal konsep dan tidak mampu menumbuhkan kemampuan keterampilan berfikir untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa adalah melalui penggunaan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan yakni berupa LKPD berbasis multirepresentasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa LKPD berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa SMP pada pembelajaran IPA, serta menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari produk tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian mengikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yakni Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Development (mengembangkan), Implement (menerapkan), dan Evaluate (mengevaluasi). Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data mencakup lembar validasi untuk validasi produk yang dikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk uji kepraktisan produk, dan lembar pretest posttest yang dianalis menggunakan rumus N-gain serta lembar angket respon siswa untuk uji efektivitas produk. Pengujian produk hasil pengembangan dilakukan di Mts Negeri 2 Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan melibatkan siswasiswi kelas 8G yang berjumlah 35 anak sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian LKPD berbasis multireprsentasi mendapat skor validasi sebesar 86,98% yang dikategorikan valid. Kepraktisan yang diukur melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh observer mendapat skor sebesar 85,49% yang dikategorikan sangat praktis. Efektivitas yang diukur melalui lembar pretest posttest yang dianalisis menggunakan uji N-gain mendapat skor sebesar 0,55 yang dikategorikan sedang. Selain itu, angket respon yang diisi oleh 35 siswa kelas VIII-G mendapat skor sebesar 85,39% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa LKPD berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa SMP pada pembelajaran IPA sudah valid, sangat praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan problem solving siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Pembimbing Anggota Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectMultirepresentationen_US
dc.subjectProblem Solving Abilityen_US
dc.subjectScience Learningen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa SMP pada Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 19 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record