Show simple item record

dc.contributor.authorNOVANDA, Nur Aura Ladistya
dc.date.accessioned2024-06-13T01:27:29Z
dc.date.available2024-06-13T01:27:29Z
dc.date.issued2024-03-14
dc.identifier.nim200210104014en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121408
dc.description.abstractArgumentasi ilmiah merupakan proses penyajian dan pembelaan suatu gagasan atau pendapat dengan menggunakan landasan ilmiah. Kata "ilmiah" merujuk pada penggunaan metode ilmiah dan bukti-bukti yang dapat dipastikan kebenarannya untuk mendukung argumen. Argumen ilmiah membutuhkan dasardasar yang kuat dan data yang dapat diuji kebenarannya berbeda dengan argumen biasa. Kemampuan argumentasi ilmiah merujuk pada kemampuan seseorang untuk merumuskan, menyusun, dan menyajikan argumen atau pendapat secara logis, rasional, dan didukung oleh bukti-bukti atau data ilmiah. Kemampuan argumentasi ilmiah memiliki peran penting dalam pembelajaran yakni mampu menekankan kemampuan siswa untuk menyajikan pandangan berdasarkan bukti yang valid. Argumentasi ilmiah dalam proses pembelajaran mencakup memberikan peluang kepada siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok, berbagi pendapat, dan menunjukkan kemampuan dalam memahami konsep, keterampilan, dan berpikir ilmiah. Namun berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa masih memiliki tingkat kualitas yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya dukungan dalam pembelajaran, yang tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan argumennya baik secara lisan maupun tertulis, sehingga siswa belum memiliki kebiasaan dalam menghadapi tugas-tugas yang melibatkan argumentasi. Dalam rangka mendukung ketersediaan materi pembelajaran yang berfokus pada argumentasi, diperlukan upaya pengembangan bahan ajar LKPD. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Keputusan untuk memilih LKPD sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa didasarkan pada temuan hasil penelitian yang menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi. Dalam uji hasil belajar, pengetahuan tentang proses sains, dan tanggapan siswa terhadap LKPD yang telah dikembangkan, hasil menunjukkan kategori yang sangat positif dan sangat baik. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implement, dan evaluation. Teknik analisis data validitas yaitu menggunakan lembar validasi yang diisi oleh validator yang terdiri dari tiga orang. Data kepraktisan diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh pengamat. Data keefektifan diukur dengan hasil pretest dan pre-test yang dianalisis dengan rumus n-gain serta angket respon siswa terhadap penggunaan LKPD. Validasi LKPD untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP dalam pembelajaran IPA menghasilkan angka sebesar 89% dengan kategori valid, menandakan bahwa LKPD telah dirancang dengan baik dari segi validitas isi dan validitas konstruk. Sementara itu, kepraktisan media LKPD dalam implementasi pembelajaran mencapai skor 88,22% dengan kategori praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dapat efektif digunakan dalam konteks pembelajaran IPA SMP. Hasil analisis efektivitas menggunakan diperoleh niai N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang, mengindikasikan bahwa LKPD tersebut memberikan peningkatan yang cukup dalam kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media LKPD untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP termasuk ke dalam kategori valid, praktis, dan efektif. LKPD memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan peserta didik. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA SMP.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. Pembimbing Anggota Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan LKPDen_US
dc.subjectEtnosainsen_US
dc.subjectKemampuan Argumentasi Ilmiahen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 19 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record