Show simple item record

dc.contributor.authorNINGTYAS, Handitya Elinia
dc.date.accessioned2024-06-13T01:19:43Z
dc.date.available2024-06-13T01:19:43Z
dc.date.issued2023-08-28
dc.identifier.nim190210302060en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121404
dc.description.abstractBerdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik kelas XI IPS 2 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dengan jumlah 36 responden diperoleh hasil bahwa 1. Sekolah belum menyediakan fasilitas berupa jaringan internet dengan akses yang baik 2. Siswa memiliki banyak permasalahan selama proses pembelajaran berlangsung diantaranya siswa kurang dalam berkomunikasi dan guru sejarah banyak menggunakan metode ceramah dengan memanfaatkan buku paket serta LKS 3. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat mereka. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya guru selalu menerapkan metode ceramah yang mengakibatkan kurangnya informasi yang diperoleh peserta didik karena mereka hanya mendapatkan informasi dari guru saja yang mengakibatkan rendahnya rasa percaya diri, tidak dapat mengekspresikan diri serta proses belajar terkesan menegangkan. Beberapa permasalahan yang telah diketahui diatas dibutuhkan sebuah media baru sebagai sarana proses pembelajaran sejarah yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran game edukasi menggunakan aplikasi wordwall berbantuan google slide yang mampu meningkatkan communication skills peserta didik pada materi kd 3.12 “Menganalisis pemikiran dalam piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini”. Pengembangan media ini bertujuan untuk 1. mengetahui hasil pengembangan dan uji ahli media pembelajaran wordwall berbantuan google slide pada mata pelajaran sejarah 2. mengetahui efektivitas media pembelajaran wordwall berbantuan google slide terhadap communication skills siswa pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan atau research and development. Penelitian ini menggunakan model 4D milik Thiagarajan et al (1974) yang mempunyai empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan telah dilakukan validasi, uji coba pengguna terhadap pendidik dan peserta didik, uji normalitas, uji paired sample t test menggunakan spss versi 24 dan tingkat keefektivan produk dihitung menggunakan rumus eta square. Hasil validasi media memperoleh nilai sebesar 3,63 dapat dikategorikan sangat baik dan tidak perlu adanya revisi. Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 3,69 dapat dikategorikan sangat baik dan tidak perlu adanya revisi. Hasil validasi bahasa memperoleh nilai sebesar 3,8 dapat dikategorikan sangat baik dan tidak perlu adanya revisi. Uji pengguna pendidik mendapatkan nilai sebesar 4 dapat dikategorikan sangat baik dan tidak perlu adanya revisi sedangkan uji coba peserta didik memperoleh nilai sebesar 3,72 dapat dikategorikan sangat baik dan tidak perlu adanya revisi. Pada uji coba pengguna kelompok kecil di kelas XI IPS 3 mendapatkan nilai 0,91 dapat dikategorikan dalam “Efek Besar”, sedangkan uji coba pengguna kelompok besar di kelas XI IPS 2 mendapatkan nilai 0,98 masuk dalam kategori “Efek Besar” untuk meningkatkan communication skills siswa selama proses pembelajaran sejarah berlangsung. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan; (1) Media pembelajaran wordwall berbantuan google slide telah melalui tahap validasi ahli dan layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah; (2) Media pembelajaran wordwall berbantuan google slide yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan communication skills siswa pada mata pelajaran sejarah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModel 4Den_US
dc.subjectWordwallen_US
dc.subjectGoogle Slideen_US
dc.subjectKeterampilan Komunikasien_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbantuan Google Slide Berbasis Project Based Learning dan Efektivitasnya Terhadap Communication Skillsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record