Pengaruh Inovasi Produk dan Atmosfer Kafe terhadap Loyalitas Pelanggan Starbucks Indonesia dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Starbucks di seluruh
Indonesia. Tujuannya ialah guna mengetahui pengaruh langsung inovasi
produk dan atmosfer kafe terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan serta
kekuatan yang dimiliki kepuasan pelanggan dalam memediasi variabel
inovasi produk dan atmosfer kafe terhadap loyalitas pelanggan. Metode
pengumpulan yang digunakan yaitu kuesioner dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling pada 140 responden yang telah melakukan
pembelian produk Starbucks di Indonesia secara dine-in minimal 2x (dua
kali) dalam rentang waktu satu tahun terakhir dan telah berusia di atas 18
tahun. IBM SPSS 27 menjadi software analisis yang digunakan untuk
mengolah data penelitian. Hasil menunjukkan inovasi produk dan atmosfer
kafe masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan,
inovasi produk dan atmosfer kafe masing-masing tidak berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan terbukti
memediasi pengaruh inovasi produk dan atmosfer kafe masing-masing
terhadap loyalitas pelanggan.