Show simple item record

dc.contributor.authorFARA, Nabila
dc.date.accessioned2024-06-12T02:14:18Z
dc.date.available2024-06-12T02:14:18Z
dc.date.issued2024-03-18
dc.identifier.nim200210104020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121392
dc.description.abstractPendidikan mengalami transformasi yang signifikan pada abad 21 sehingga dibutuhkan keselarasan antara pengetahuan dan keterampilan dalam membekali siswa. Salah satu keterampilan berpikir tinggi yang sangat dibutuhkan siswa dalam menghadapi tantangan global pada abad ke-21 adalah kemampuan scientific explanation. Kemampuan scientific explanation menuntut siswa untuk memberikan penjelasan ilmiah berdasarkan bukti terhadap suatu pertanyaan. Apabila siswa telah menerapkan kemampuan scientific explanation dengan baik, maka tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan hasil belajar yang sesuai. Namun, fakta yang ada menunjukkan bahwa kemampuan scientific explanation yang dimiliki siswa Indonesia masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya kemampuan scientific explanation yaitu penilaian yang dibuat guru belum sepenuhnya untuk mengukur kemampuan scientific explanation sehingga siswa masih kurang terlatih dalam memberikan penjelasan yang disertai bukti ilmiah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan scientific explanation. Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan scientific explanation dilengkapi dengan scaffolding. Scaffolding merupakan bantuan berupa pertanyaan membimbing yang diberikan kepada siswa untuk mencapai pemahaman dan keterampilan. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian berbasis scaffolding yang valid, reliabel, memiliki daya pembeda, dan tingkat kesukaran butir soal. Penelitian pengembangan menggunakan desain model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahapan, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir, dan penyebaran serta implementasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi untuk mengukur validitas instrumen penilaian, teknik korelasi product moment pearson untuk mengukur validitas butir soal, teknik korelasi cronbach alpha untuk mengukur reliabilitas, tes formatif untuk mengukur daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal. Pengembangan instrumen penilaian berbasis scaffolding dinilai oleh tiga validator yang terdiri dari satu dosen Pendidikan IPA Universitas Jember dan dua guru IPA SMP Negeri 12 Jember. Hasil validasi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 80,4% dengan kategori valid. Hasil uji validitas butir soal dari 10 soal uraian yang dikembangkan mendapatkan kategori valid pada semua butir soal. Hasil reliabilitas instrumen penilaian diperoleh sebesar 0,824 dengan kategori sangat tinggi, artinya instrumen penilaian memiliki konsistensi yang baik dalam mengukur. Hasil analisis daya pembeda butir soal diperoleh 4 soal kategori sangat baik, 1 soal kategori baik, 4 soal kategori cukup, dan 1 soal kategori jelek. Hasil analisis tingkat kesukaran butir soal didapatkan 4 soal kategori mudah, 4 soal kategori sedang, dan 2 soal kategori sukar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh, instrumen penilaian berbasis scaffolding dinyatakan valid dan layak digunakan setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran butir soal. Hasil validitas ahli diperoleh 80,4% dengan kategori valid, 10 butir soal dinyatakan valid dan sangat reliabel dengan hasil sebesar 0,824. Butir soal yang valid menandakan bahwa butir soal mengukur dengan tepat apa yang seharusnya diukur, sedangkan soal dengan reliabilitas tinggi memiliki arti instrumen penilaian memiliki konsistensi yang baik dalam mengukur. Butir soal secara keseluruhan memiliki daya pembeda yang baik dan tingkat kesukaran soal yang proporsional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis scaffolding dapat digunakan untuk mengukur kemampuan scientific explanation pada evaluasi pembelajaran IPA.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E. Pembimbing Anggota Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Instrumen Penilaianen_US
dc.subjectScaffoldingen_US
dc.subjectMengukur Scientific Explanation Skillen_US
dc.titlePengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Scaffolding untuk Mengukur Scientific Explanation Skill pada Pembelajaran IPA SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 19 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record